Jumat, 19 November 2010

Membuat Website Co.Cc

belajar membuat website co.cc
copy@right Zainal Mubarok

Untuk temen - temen yang masih bingung untuk membuat website co.cc jangan khawatir soal itu, karena tutorial ini akan memudahkan anda dalam membuat website co.cc. website ini cocok untuk temen - temen yang masih pemula, karena untuk mndapatkan website ini tidak perlu membayar sepeserpun (Gratis), kita juga bisa menggunakan layanan hosting gratis yang disediakan oleh web hosting seperti freehostia.com, 000webhost.com, dan masih banyak lg web hosting yang menawarkan jasanya dengan cuma - cuma. namun perlu di ingatkan bahwa kita dapat menggunakan domain co.cc secara gratis dalam jangka waktu 1 tahun saja. apa bila sudah lewat dalam 1 tahun, maka website tersebut akan Expired, atau di matikan dari perusahan co.cc tersebut. tapi jangan kawatir karena kita dapat memperpanjang jangka waktu pemakaian domain tersebut.

Baiklah, untuk mempersingkat waktu mari kita mulai membuat website kita di co.cc


  1. langkah pertama adalah anda harus memiliki email terlebih dahulu, jika anda belum mempunyai email, membuatlah akun email terlebih dahulu, disarankan untuk membuat akun email di yahoo, karena telah terbukti kualitas dan keamanannya.
  2. lah pada website co.cc dan www.freehostia.com.
  3. tatap dulu halaman muka website co.cc dan disitu ada kotak persegi panjang, isikan nama website yang akan kita buat, terserah anda mau bikin dengan nama apa. misalkan www.namaanda.co.cc.
  4. lalu chek ketersediaan nama domain anda, karena bila nama domain anda sudah teregister sebelumnya, anda tidak dapat membuatnya dengan nama yang sama.
  5. lihatlah pada bawah nama domain yang anda masukan, chek harga yang tertera, apakah itu 0$ ataukah ada biayanya. apabila anda ingin yang gratis, carilah yang 0$.
  6. setelah itu anda lanjutkan untuk menyetting domain yang telah anda buat, click saja continou to regester apabila anda telah selesai memilih nama domain yang anda inginkan.
  7. buatlah akun co.cc untuk dapat masuk ke kontrol panel domain tersebut dan menyetting atau mengatur server DNS, tanpa itu anda tidak dapat menjalankan domain anda.
  8. bila sudah selesai, maka konfirmasi akun co.cc anda dengan meng-klik tautan yang telah dikirim ke email anda dari co.cc.
  9. lalu masuk ke setting domain, terdapat 2 server dns yang perlu anda isikan. berhubung kita memakai web hosting dari freehostia, maka anda harus mengisikan server dns freehostia yaitu, server1 : dns1.freehostia.com dan server2 : dns2.freehostia.com
  10. setelah anda menyetting dns domain anda, anda bisa nyaman untuk menjaga ketersediaan domain tersebut, karena bila dalam 2 hari domain anda tidak di setting dns nya, maka akan terhapus dari co.cc
  11. selanjutnya kita masuk ke www.freehostia.com yang telah anda buka sebelumnya, dan buat akun dengan mengisikan identitas dan masukan nama domain anda untuk di daftarkan. dalam halaman ini anda harus memilih paket untuk besar memori database anda,
  12. pilihlah paket Chocolate dengan harga 0$ (gratis), dan pilih tampilan interface dan pengoperasian yang anda inginkan, bisa dengan joomla 1.0 ataupun joomla1.5 bisa juga memakai wordpress. tergantung keterampilan anda dimana.
  13. setelah itu anda akan masuk ke kontrol panel hosting anda, tunggu beberapa saat dan anda akan mendapat email dari freehostia yang bersikan user name dan password yang anda butuhkan untuk mengoperaskan domain yang telah anda buat.
  14. untuk dapat masuk ke dalam kontrol panel dan memulai mengoperasikan domain anda masuk ke www.namadomain.co.cc/administrator.
  15. masukan user name dan pasword yang telah anda dapat dari freehostia yang telah dikirim ke email anda, dengan begitu anda telah siap untuk mengoperasikan domain anda.

sekian dan selamat mencoba, tetap semangat untuk belajar. tanyakan hal yang belum anda mengerti, jangan malu untuk belajar bersama di forum ini.