Kamis, 18 November 2010

Membuat Feed Posting Blog

Membuat Feed Posting dan Komentar di blogspot sangat mudah. Kita dapat menggunakan layanan feed dari blogger itu sendiri, atau bisa juga menggunakan layanan dari situs feed yang lainnya. Jika kita menggunakan situs feed selain dari blogger.com, maka kita perlu membuat lemparan tautan, atau bisa dikatakan kita harus mengalihkan link feed dari blog kita ke dalam situs feed yang kita ikuti. Contoh situs feed yang saya ikut adalah feedburner, ada juga layanan lain yaitu blogginglines. Ok!. Langsung saja kita membuat Feed dengan FeedBurner.

Membuat Feed Posting :
  1. Buka layanan situs feed www.feedburner.com .
  2. Langkah kedua, untuk mempermudah pembuatan akun, sebaiknya anda juga login kedalam blog anda. www.blogger.com
  3. Tatap kembali halaman feedburner yang telah anda buka, masuk ke dalam akun feedburner dengan akun blogger atau google yang anda punya, karena pemilik blog tidak mungkin tidak memiliki akun google. Google merupakan web yang bekerjasama dengan blogger dan feedburner.
  4. Anda akan mendapati halaman yang meminta anda untuk memasukan link feed blog anda. Link default yang digunakan untuk blogger adalah http://namablog.blogspot/feeds/posts/default.
  5. Masukan link diatas kedalam kotak panjang yang sedang anda hadapi di halaman feedburner. Ingat, pada huruf yang tebal diatas diganti dengan alamat blog anda.
  6. Jangan lupa juga untuk mencentang chek Box yang bertuliskan I am a podcaster! , lalu klik next.
  7. Apabila link yang anda masukan telah tepat dan benar, selanjutnya anda menghadpi sebuah halaman yang bertuliskan “Welcome! Let us burn a feed for you.” Itu artinya link yang anda masukan sudah terbaca dan terdeteksi oleh feedburner
  8. Pada halaman yang sama di bagian bawah, anda diperbolehkan untuk mengisi nama, atau judul feed yang akan anda buat, dan mengubah link yang anda inginkan untuk dijadikan link feed anda. Klik Next untuk melanjutkan.
  9. Jika nama dan link feed yang tadi anda masukan tersedia, maka “Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little?”. Akan tampil link feed yang telah anda buat. Klik next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, karena itu baru tahap pertama dari 3 tahap.
  10. Selanjutnya adalah tahap setting Configurasi PodCast, yaitu settingan yang anda buat untuk tampilan Feed pada FeedBurner. Banyak kotak panjang yang anda hadapi, tapi untuk mempercepat isikan saja kotakan yang wajib di isi.
  11. Isikan kotakan – kotakan yang ada paling bawah, yaitu
    • Contains explicit content:  (No)
    • Copyright message: (Penulis atau pemilik artikel)
    • Podcast author: (Yang mengeposkan artikel)
Lalu klik next untuk melanjutkan
  1. Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics. Merupakan halaman yang menawarkan Gusto yang lain untuk statistic Feed anda, agar anda dapat melihat statistic feed anda. Klik Next lagi. Memang banyak nextnya ini layanan ya.
  2. Feed anda telah diciptakan,

  1. Selanjutnya anda harus memasukan link feed yang baru anda buat ini kedalam pengaturan feed di blog.
  2. Masuk ke blog anda www.blogger.com.
  3. Masuk ke Pengaturan, lalu klik Feed Situs
  4. Pada “Posting URL Pengubahan Arah Feed”, Isikan Link Feed yang anda buat di FeedBurner.
  5. Lalu Simpan Pengaturan.
  6. Selesai sudah pembuatan feed untuk blog anda, dan dengan begitu anda dapat menyebar luaskan posting     artikel yang terbaru secara otomatis.
  7. Selamat mencoba, dan Semangat terus untuk belajar....

Copy@right Zainal Mubarok