Senin, 08 November 2010

Cara Membuat Blog

Cara mudah membuat Blog
Copy@right Zainal Mubarok

Blog, merupakan langkah awal untuk belajar website. blogspot sangat cocok untuk para pemula yang sedang senang - senang'nya bermain dan bergelut di dunia maya seperti saya. tujuan posting ini adalah kita sama - sama belajar untuk membuat sebuah blog yang kita inginkan. posting ini berhubungan dengan posting yang sebelumnya. karena masih seperguruan. hehehehe.
Untuk mempersingkat waktu kita langsung mulai saja belajar membuat blog.
1.      langkah pertama, sepeerti biasa anda harus membuat sebuah email, jika anda sudah mempunyai akun email maka anda bisa langsung mendaftar pada www.blogger.com untuk membuat blog anda. Jika anda belum mempunyai email, maka buatlah terlebih dahulu emailnya di www.yahoo.com atau bisa juga di www.gmail.com atau akun email yang lain.
2.      setelah itu, masuk ke www.blogger.com blogger merupakan sebuah perusahaan yang mempunyai relasi dengan perusahaan google. Itu artinya apa bila anda mempunyai email yang telah terdaftar pada akun google yang lain selain blog, maka anda harus memferifykasi email anda untuk dapat membuat akun yang mempunyai relasi dengan google lagi.
3.      di halaman utama www.blogger.com anda mendapati sebuah kolom yang bertuliskan “Get Started”, klik tautan itu maka anda akan masuk ke halaman berikutnya.
4.      halaman selanjutnya anda diminta untuk mengisi biodata anda, yaitu email, password yang anda inginkan di dalam akun blog, tanggal lahir, nama tampilan blog yang anda inginkan, lalu kotak untuk memferikasi akun blog anda, jangan lupa beri tanda centang pada persyaratan dan layanan. Itu artinya anda menyetujui persaratan yang ada dan akan segera menerima layanan dari blogger. Isikan semua kotak tersebut. Lalu klik “Lanjutkan”
5.      lalu anda akan mendapati halaman yang meminta anda untuk memFerifikasi kembali akun anda, hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan pihak blogger bahwa yang membuat akun tersebut adalah orang, bukan merupakan robot, selain itu ferikasi yang dilakukan juga diperlukan untuk saling berkomunikasinya antara anda dan pihak blogger. Tanpa anda memferikasikan tersebut, maka pihak blogger tidak akan meng aktifkan akun anda. Pada halaman ini, isikan Negara asal anda dan email atau nomer ponsel anda. Setelah itu klik tombol “kirim kode ferifikasi”.
6.      setelah itu anda akan dikirimi email atau kode ferifikasi dari blogger, anda perlu memasukan kode itu ke dalam halaman selanjutnya setelah anda meng-klik “kirim kode ferifikasi”, atau klik tautan yang masuk ke dalam email anda. Dengan begitu akun blog anda telah siap digunakan.
7.      anda dapat memilih tampilan blog yang anda inginkan sesuai dengan selera anda. Akun ini memiliki banyak sekali pilihan dan layanan yang sangat efektif untuk pembelajaran kita.
8.      banyak Widget yang bisa anda pakai dalam halaman blog anda. Silahkan anda posting data apapun ke dalam blog anda
9.      selamat mencoba, tetap semangat untuk belajar.